Skip to main content

Macam Macam Cabang Olahraga Bela Diri dan Asal Usulnya

Kali ini saya agan berbagi sedikit pengetahuan tentang Seni Olah Raga Beladiri.
Sedangkan seni bela diri merupakan kesenian yg timbul sebagai satu cara seseorang utk mempertahankan diri, maka dari itu saya sarankan anda utk mempelajari seni bela diri utk berjaga jaga dari hal yg tidak di inginkan.

Adapun Macam Macam Olahraga Bela Diri yg sering kita dengar adalah

Karate

http://zalfatazkira.blogspot.com/2016/11/macam-macam-cabang-olahraga-bela-diri.html

Karate (空 手 道) adalah seni bela diri yg berasal dari Jepang. Seni bela diri karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa.Seni bela diri ini pertama kali disebut " Tote” yg artinya seperti “Tangan China”. Waktu karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote : Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi ‘karate’ (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang.Karate terdiri dari atas dua kanji.Yg pertama adalah ‘Kara’空 dan artinya ‘kosong’.Dan yg kedua, ‘te’手, artinya ‘tangan'. Yg dua kanji bersama artinya “tangan kosong” 空手 (pinyin : kongshou).

Pencak Silat
Pencak Silat atau Silat (berkelahi dengan menggunakan teknik pertahanan diri) ialah seni bela diri Asia yg berakar dari budaya Melayu. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura tapi bisa pula ditemukan dalam berbagai variasi di berbagai negara sesuai dengan penyebaran suku Melayu, seperti di Filipina Selatan dan Thailand Selatan. Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, saat ini Vietnam juga telah mempunyai pesilat-pesilat yg tangguh.
Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa), adalah nama organisasi yg dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam utk mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara.

Tarung Derajat
Seni Ilmu Olah Raga Bela Diri TARUNG DERAJAT dideklarasikan kelahirannya dibumi persada Indonesia tercinta, di Bandung 18 Juli 1972 oleh peciptanya seorang putra bangsa yaitu Guru Haji Achmad Dradjat yg mempunyai nama julukan dengan panggilan AA Boxer. Nama panggilan AA Boxer diterapkan dan melekat pada diri Achmad Dradjat, setelah dirinya bisa dan berhasil menggunakan dan menerapkannya Seni Pembelaan Diri karya ciptanya didalam berbagai bentuk perkelahian, dimana butuh dan harus BERKELAHI atau BERTARUNG dalam rangka BERJUANG utk mempertahankan kelangsungan hidup, menegakan kehormatan dan membela kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari selaras dengan kodrat hidupnyanya. Asosiasi resmi beladiri ini adalah KODRAT (Keluarga Olahraga Tarung Derajat).

Taekwondo
adalah olah raga bela diri Korea yg paling populer dan juga merupakan olah raga nasional Korea. Ini adalah seni bela diri yg paling banyak dimainkan di dunia dan juga dipertandingkan di Olimpiade.
Dalam bahasa Korea, hanja utk Tae artinya " menendang atau menghancurkan dengan kaki " ; Kwon artinya " tinju " ; dan Do artinya " jalan " atau " seni ". Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai " seni tangan dan kaki " atau " jalan " atau " cara kaki dan kepalan ". Popularitas taekwondo telah menyebabkan seni ini berkembang dalam berbagai bentuk. Seperti banyak seni bela diri lainnya, taekwondo adalah gabungan dari teknik perkelahian, bela diri, olah raga, olah tubuh, hiburan, dan filsafat.

Capoeira
Capoeira merupakan suatu olah raga bela diri yg dikembangkan oleh para budak Afrika di Brasil pada sekitar tahun 1500-an. Gerakan dalam capoeira menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan.
Capoeira adalah sebuah sistim bela diri tradisional yg didirikan di Brazil oleh budak-budak Afrika yg dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brazil utk bekerja di perkebunan-perkebunan besar.

Jujitsu
adalah sebuah sebutan kolektif utk beberapa aliran seni beladiri yg berasal dari Jepang, adalah tidak betul jika dikatakan bahwa Ju-Jitsu mengacu pada satu macam beladiri saja. Jujutsu pada dasarnya adalah bentuk-bentuk pembelaan diri yg bersifat defensif dan menggunakan " Yawara-gi " atau teknik-teknik yg bersifat fleksibel, dimana serangan dari lawan tidak dihadapi dengan kekuatan, melainkan dengan cara " menipu " lawan agar daya serangan tersebut dapat digunakan utk mengalahkan dirinya sendiri. Dari seni beladiri Jujutsu ini, lahirlah beberapa seni beladiri lainnya yg mempunyai konsep defensif serupa, yaitu Aikido dan Judo, keduanya juga berasal dari Jepang.

Aikido
adalah salah satu seni beladiri asal Jepang yg diciptakan oleh Morihei Ueshiba
Beladiri ini merupakan kombinasi dari ilmu pedang Kenjutsu dan Jujutsu yg juga merupakan bentuk seni beladiri tradisional Jepang. Pengaruh Kenjutsu tampak dalam pengaturan gerakan gerakan atau langkah langkah kaki. Sedangkan pengaruh Jujutsu tampak dalam penggunaan teknik kuncian dan lemparan.

Krav Maga
adalah sebuah seni bela diri militer tangan kosong yg dikembangkan di Israel, yg mengansumsikan tanpa ampun akan diberikan dan menekankan pada netralisasi ancaman maksimum dalam konteks " kehidupan nyata ". Sistem ini diakui keunggulannya karena telah diadopsi oleh berbagai Pasukan Pertahanan Israel.

Kendo
adalah seni bela diri modern dari Jepang yang menggunakan pedang. Kendo berasal dari kata " Ken (剣) " yg artinya " Pedang ", dan " Do (道) " yg artinya " Jalan ". Jadi arti Kendo secara keseluruhan adalah suatu jalan/proses disiplin diri yg membentuk suatu pribadi Samurai (侍) yg pemberani dan loyal. Kendo menggabungkan unsur-unsur bela diri, seni dan olah raga.

Judo
adalah seni bela diri, olahraga, dan filosofi yg berakar dari Jepang. Judo dikembangkan dari seni bela diri kuno Jepang yg disebut Jujutsu. Jujutsu yang merupakan seni bertahan dan menyerang menggunakan tangan kosong maupun senjata pendek
Sebelum Judo
Pegulat sumo zaman dahulu kala menjatuhkan lawannya tanpa senjata. Hal ini menginspirasikan teknik-teknik bela diri jujutsu. Sumo pada awalnya hanya dinikmati kaum aristokrat sebagai ritual atau upacara keagamaan pada zaman Heian (abad ke-8 hingga abad ke-12).

 Kempo
adalah nama generik utk beberapa aliran Seni bela diri yg berasal dari Jepang dan banyak menggunakan permainan tangan. Jadi bukan nama satu aliran saja melainkan nama dari banyak aliran dan metod.

Hapkido
salah satu olahraga bela diri yg berasal dari Korea di samping Taekwondo. Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yg memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik-teknik dalam Hapkido antara lain meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus, serta latihan senjata.

Ninjutsu
adalah Seni bela diri, strategi, dan taktik di medan perang dan gerilya yg dilakukan oleh shinobi (juga disebut diluat Jepang sebagai Ninja). Ninja Wanita disebut Kunoichi. Saat ini ada beberapa gaya modern dari seni bela diri ini, menurut Koryu. com, bukan semua variasi tersebut berhubungan dengan sejarah ninjutsu di Jepang yg dulu disebut dengan koryū.

Kungfu
adalah ilmu bela diri dari Tiongkok. Akan tetapi, arti kata kung fu yg sebenarnya mempunyai makna luas, yakni sesuatu yg didapat dalam waktu yg lama dan dengan ketekunan yg sungguh-sungguh. Sehingga seorang ahli memasak yg hebat pun dapat dikatakan mempunyai kung-fu yg tinggi. Selain kata kung fu, istilah wushu dan kun dao juga sering dipakai utk menyebut ilmu bela diri dari Tiongkok. Sedangkan ilmu Kungfu yg sudah menyebar ke Asia Tenggara (terutama Indonesia) di masa lalu disebut Kuntao.

Wushu
Semua kategori Seni bela diri China yg tradisional, keras dan lembut dapat disebut Wushu. Wushu keras termasuk tinju selatan Nanquan dan tinju panjang Changquan. Wushu lembut termasuk tinju Taiji, Telapak Bagua, dan tinju Hsing Yi. Adapun seni beladiri Wushu yg telah dikembangkan oleh etnis China yg menetap di wilayah Asia Tenggara (terutama Indonesia) seringkali disebut dengan istilah Kuntao.

Taido
adalah seni bela diri dari Jepang yg didirikan oleh Seiken Shukumine pada 1965. Nama " Taido " artinya " caranya tubuh dan jiwa " (internal dan eksternal). Taido mempunyai sisilah di karate Okinawa. Pertama Seiken Shukumine mendirikan Genseiryu karate pada 1950an, tetapi pada tahun 1960-an beliau menemukan bahwa aliran bela diri beliau sudah jauh menyimpang dari karate, dengan demikian beliau mendirikan aliran bela diri baru dangan nama Taido.

Gulat
adalah kontak fisik antara dua orang, di mana salah seorang pegulat harus menjatuhkan atau dapat mengontrol musuh mereka. Tekhnik fisik yg ditunjukkan dalam gulat adalah joint lock, Clinch fighting, Grappling hold, dan Leverage. Tekhnik ini dapat menyebabkan luka yg serius. Banyak gaya gulat yg diketahui dunia dan mempunyai sejarah yg panjang, dan olahraga gulat sudah menjadi olahraga olimpik lebih dari 100 tahun.
Baca Juga:Hati-Hati dengan Modus Tebar Paku Baru Pakai Daun!
Tinju
adalah olahraga dan seni bela diri di mana dua orang partisipan dengan berat yg serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yg disebut " ronde ". Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petarung (disebut petinju) menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.
Nilai diberikan utk pukulan yg bersih dan mantap ke bagian depan pinggang ke atas yg sah dari lawan, dengan pukulan ke kepala dan dada mendapatkan nilai lebih. Petinju dengan nilai yg lebih tinggi setelah sejumlah ronde yg direncanakan akan dinyatakan sebagai pemenang. Kemenangan juga dapat dicapai jika lawan dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit (suatu Knockout, atau KO) atau jika lawan dinyatakan tidak bisa melanjutkan pertandingan (suatu Technical Knockout, atau TKO). Utk keperluan rekor pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.

The first child of 4 siblings lives in Aceh

Comments