Skip to main content

Keajaiban Burung Yang Terbang Disore Hari

Sahabat sering kita melihat burung bangau atau sejenisnya terbang disore hari membentuk pola huruf " V " dan fenomena ini juga terjadi pada angsa-angsa yg berada dinegara-negara empat musim tepatnya pada musim gugur, subhanallah, fenomena membuat kita bertanya-tanya kenapa ya?

Dalam alqur'an surah al an'am dan al mulk Allah SWT berfirman :

Dan tiadalah binatang-binatang yg ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya,melainkan umat (juga) seperti kamu..... (al an'am : 38)

Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yg mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka?Tidak ada yg menahannya (di udara)selain Yg Maha Pemurah.Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu.(al mulk : 19)

http://zalfatazkira.blogspot.com/2016/11/keajaiban-burung-yang-terbang-disore.html

Berikut ini beberapa fakta mengenai burung-burung tersebut :
Kepakan sayap angsa di depan,memberi “daya dukung” bagi angsa dibelakangnya.Angsa di belakang tidak perlu susah-payah menembus ‘airwall’ di depannya.Hasilnya,seluruh kawanan angsa dapat menempuh jarakterbang 71 % lebih Jauh ketimbang kalau setiap angsa harus terbangsendiri-sendiri.
Kalau seekor angsa terbang keluar dari formasi rombongan,ia akan merasa berat dan sulit utk terbang sendirian.Dengan cepat ia akan kembali ke dalam formasi utk mengambil keuntungan dari daya dukung yang diberikan angsa di depannya.
Ketika angsa pemimpin yg terbang di depan menjadi lelah,ia terbang memutar ke belakang formasi,dan angsa lain akan terbang menggantikan posisinya.
Angsa-angsa yg terbang dalam formasi mengeluarkan suara riuh-rendah dari belakang memberi semangat kepada angsa yg terbang di depan makanya kecepatan terbang dapat dijaga.
Baca Juga:Berita Tentang Kesesatan Tokoh Syi'ah Di Indonesia.
Ketika seekor angsa menjadi sakit,terluka,atau ditembak jatuh,dua angsa lain akan ikut keluar dari formasi bersama angsa tersebut dan mengikutinya terbang turun utk membantu dan melindungi.Mereka tinggal dengan angsa yg jatuh dan berusaha utk mendorongnya agar dapat terbang lagi,tidak sampai mati.Setelah itu mereka akan terbang dengan kekuatan mereka sendiri atau dengan membentuk formasi lain utk mengejar rombongan mereka.
anak pertama dari 4 saudara tinggal di aceh

Comments